Tips Arung Jeram / Rafting dengan Aman bagi Pemula

Rafting di Pemalang

Salah satu Favorit dalam agenda Outbound adalah Rafting,pertanyaan yang sering di ajukan adalah “Pak outboundya ada Raftingya ? “

Raftingya Aman ? rafting atau arung jeram kegiatan yang sangat menantang dan beresiko namun kita meminimlakan resiko jika tau caranya dan patuh mengikuti arahan dari Oprator perahu,apa saja yang perlu di perhatikan dalam ber arung jeram ?

saat petualangan arung jeram atau rafting, dengan ikut rekreasi tersebut maka anda bisa menikmati alam bebas, mengarungi aliran sungai dengan jeram-jeram menantang yang bisa memacu adrenalin anda.

Tetapi terkadang ada pertanyaan, amankah rafting tersebut bagi pemula, atau amankah bagi mereka yang tidak bisa berenang.

Bagi para pemula yang baru pertama kali ikut rekreasi rafting tidak perlu cemas ikut wisata petualangan alam ini, rafting tersebut aman bahkan untuk anak-anak dengan batasan umur tertentu dan sudah kuat berpegangan, diperbolehkan untuk ikut wisata petualangan rafting tersebut.

Untuk mengurangi keraguan anda, maka dalam halaman ini ada sejumlah tips Rafting dengan Aman,sehingga tidak perlu cemas ataupun khawatir saat menikmati wisata petualangan tersebut.

yang ada adalah fun dan sensasi petualangan yang menyenangkan, apalagi mereka yang suka tantangan dan para kawula muda yang mau uji adrenalin tersebut dapat menikmatinya dengan rasa aman dan nyaman.

Rafting Jawa Tengah

Berikut Tips Ikut Tips Arung Jeram / Rafting dengan Aman bagi Pemula

Memilih provider rafting yang terpercaya

Ada sejumlah provider yang menyediakan rekreasi rafting di Jawa Tengah , hampir semuanya bersaing menyediakan fasilitas, layanan dan harga terbaik.

Untuk itulah anda bisa menyerahkan rencana aktivitas rafting anda dengan Provider Outbound Terpercaya dan kami Smart Outbound Adventure Akan membantu anda.

Kondisi Tubuh sehat dan Fit

Hal ini tentunya paling penting agar wisata petualangan anda lebih terasa nyaman dan menyenangkan, kondisi tubuh yang fit dan dengan stamina yang baik akan membantu anda dalam mengarungi medan-medan yang sulit. Pastikan anda tidak memiliki riwayat penyakit dalam seperti jantung.

Karena setiap sungai memiliki karakter dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Kalau anda merasa tidak sehat apalagi memiliki kelainan seperti jantung, sepertinya wisata rafting anda bisa ditunda dulu sampai badan sehat.

Keahlian berenang

Banyak yang bertanya, apakah rafting aman bagi mereka yang tidak bisa berenang, jawabannya adalah aman dan bisa dilakukan dengan baik, bisa berenang alangkah bagusnya, tetapi saat permainan peserta sudah disiapkan baju atau pelampung untuk keamanan, dan seorang guide atau pemandu ikut serta bersama anda, bisa menangani jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan sebaiknya diberitahu pemandunya jika anda tidak bisa berenang.

Batasan umur peserta rafting

Ada batasan-batasan tertentu yang diberlakukan oleh penyedia rafting terutama batas umur bagi anak-anak, itu dilakukan menimbang kondisi alam dan aliran air sungai yang akan dilintasi saat permainan rafting. Biasanya batasan umur 10 tahun ke atas atau anak-anak yang sudah kuat berpegangan, namun di beberapa tempat karena aliran airnya cukup tenang, batasan umurnya mulai 7 – 60 tahun.

Pakaian saat kegiatan

Tips Rafting dengan Aman berikutnya adalah, gunakan pakaian yang tidak mudah menyerap air, yang mudah untuk bergerak, karena rafting adalah petualangan bukan untuk wisata selfie lupakan fashion anda, cukup dengan celana pendek atau legging plus baju kaos.

Termasuk juga alas kaki, hindari pakai sandal jepit gunakan sandal yang tidak mudah lepas atau dengan tali di rekomendasikan sandal gunung, bisa juga sepatu olah raga tetapi tentunya akan basah.

Perlengkapan saat rafting

Untuk perlengkapan semua disediakan oleh penyedia, seperti halnya jaket pelampung walaupun anda ahli berenang tetap menggunakan pelampung untuk keamanan, begitu juga helm pengaman kepala pilihlah sesuai ukuran tidak terlalu sempit ataupun longgar sehingga sepanjang perjalanan mengarungi lintasan sungai selama sekitar 2 jam anda merasa lebih nyaman, tersedia banyak ukuran sehingga bisa melekat di tubuh dengan baik.

Pemanasan

Ada baiknya anda melakukan gerakan pemanasan untuk peregangan otot sendiri, walaupun tidak ada instruksi dari pemandu, karena ini merupakan olah raga yang mana tubuh banyak goncangan, tetap perlu pemanasan.

Apalagi anda yang jarang olahraga perlu pemanasan ringan, pelemasan otot-otot tubuh seperti kaki, leher, lengan dan jari dan lompat-lompat ringan, untuk menghindari kram ataupun cidera ringan lainnya.

Posisi duduk

Posisi tempat duduk saat melakukan aktivitas rafting dirasa cukup penting melengkapi tips rafting bagi pemula, untuk memudahkan menyeimbangkan tubuh dan juga laju perahu karet yang ditumpangi, serta memudahkan untuk mendayung, maka masing-masing peserta duduk di tepi perahu karet tidak pada bagian tengahnya, terkadang posisi tempat duduk di atur oleh guide untuk keseimbangan perahu.

Dayung

Dayung (padle) harus dipegang dengan benar, mendayung menggunakan kekuatan tangan, guide yang menemani anda selama perjalanan selain sebagai pemandu juga ikut menyeimbangkan agar laju perahu terkendali dengan baik.

Pemandu akan memberikan arahan mendayung yang benar, kalau salah bisa saja perahu terbalik, seperti saat anda berada pada posisi duduk sebelah kanan, genggamlah ujung dayung dengan tangan kanan sedangkan tangan sebelah kiri memegang tongkat dayung.

ikuti Aba-aba Guide

Tips Rafting dengan Aman ,Sebelum mengarungi lintasan sungai saat rafting, pemandu  atau guide memberikan cara-cara dan instruksi yang digunakan saat menggayug dayung anda, baik itu untuk maju dan mundur, belok ke kiri atau ke kanan. Ada juga instruksi harus stop mendayung, terkadang instruksi untuk pindah tempat duduk, pindah kanan atau pindah kiri untuk menyeimbangkan laju perahu, termasuk juga instruksi menghindari jeram yang ada.

Permintaan berhenti

Ada kalanya saat perjalanan anda menemukan jeram yang cukup menantang dan tinggi, sehingga anda merasa takut untuk adu nyali, minta pemandu anda untuk berhenti dan tidak ikut dalam perahu sampai jeram terlewati, anda bisa melakukan ini dan naik lagi melewati tantangan tersebut

Saat peserta terjatuh

Tips ini cukup penting, agar anda tidak merasa panik, apalagi merasa tidak bisa berenang, tubuh anda akan mengambang karena sudah memakai baju pelampung, sebisanya terlentanglah menghadap ke atas, jangan melawan arus, angkat kaki menghadap ke hilir, sehingga jika ada batu bisa menahannya dengan kaki.

Jika cukup jauh, pemandu sudah siap dengan tali panjang yang dilemparkan untuk anda.

Saat perahu terbalik dan kadang sengaja di balik

Terkadang saat arus deras atau kesalahan mendayung, perahu karet yang ditumpangi bisa saja terbalik, dan peserta bisa jadi berada di bawah perahu yang terbalik, suasana menjadi gelap, tetapi tetaplah tenang karena badan perahu ada celah udara untuk bernafas dan pemandu pasti melakukan hal terbaik, yang anda bisa lakukan coba keluar tanpa terbentur batu. Tetapi terkadang untuk menambah sensasi perahu sengaja dibalik agar lebih seru.

Demikian tips Rafting dengan Aman bagi Pemula diharapkan bisa memberikan sedikit informasi bagi anda pemula. Tetapi tentunya tempat-tempat aktivitas seperti sungai yang dipilih tentu sudah memenuhi kriteria keamanan, sehingga peserta yang melakukan aktifitas tersebut, apakah saat terjatuh ataupun perahu terbalik peserta tetap aman tanpa masalah.

Pemerintahpun tidak main-main dan ambil resiko memberikan ijin operasi arung jeram jika sungai tersebut tidak aman dan provider tidak memenuhi syarat.Untuk layanan Paket Outbound Rafting anda bisa menghubungi Smart Outbound Adventure

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *